Perencanaan BIsnis Kewirausahaan 2

 

 

Bussines Plan Bakmi Sultan 28 Metland Tambun

 

 

UTS Kewirausahaan 2

EU 101

 

 

Mochamad Guntur Darmawan

20190101494

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS ESA UNGGUL

TAHUN 2022


 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Jaringan dalam tubuh manusia sebagian besar dibentuk dengan spesifikasi tertentu struktur untuk mengaktifkan fungsi yang ditunjuk. Struktur berbentuk serat adalah salah satu komponen jaringan yang paling banyak ditemukan yang sebagian besar berskala mikro dan berperan penting berperan dalam mempertahankan fungsi jaringan. Mie adalah salah satu makanan pokok tradisional terpenting di Asia. Ditengah ketatnya persaingan dunia bisnis terutama industri kuliner, mie menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sebagai pengganti nasi untuk makanan sehari-hari. Mie sendiri terbuat dari campuran tepung terigu. Tepung terigu adalah hasil olahan dari gandum yang menjadi bahan pokok dari banyak hasil olahan seperti kue, mie, lumuran ayam goreng tepung dan masih banyak lagi.

Mie biasanya dibuat dari adonan gandum tidak beragi dandiregangkan, diekstrusi, atau digulung, dan kemudian dipotong menjadi berbagai bentuk.  Mie dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan teknologi pengolahan yang berbeda, seperti mie mentah segar, mie kering, mie setengah matang, mie beku, mie kukus, dan mie instan. Mie mentah segar memiliki kadar air sekitar 32%–38% dan disiapkan tanpa pengeringan. Mi kering memiliki kadar air yang jauh lebih rendah karena proses pengeringan, sehingga memiliki umur simpan yang lebih lama daripada mi mentah segar. Mie setengah matang diproduksi dengan memasak sebagian mi mentah dalam air, sehingga memiliki kadar air yang jauh lebih tinggi daripada mi mentah. Mie beku termasuk mie mentah beku dan mie matang beku. Keduanya disiapkan menggunakan proses pembekuan cepat pada suhu 35°C. 

Penulis saat ini berwirausaha dengan membuka kedai atau warung usaha dengan nama “Bakmi Sultan 28 Metland Tambun” yang beralamat di Metland Tambun blok K1 no 6. Kedai dibuka dalam kurun waktu 1 tahun dan cukup mendapat respon positif dari konsumen setempat, kemudian ada beberapa problem selama kurun waktu satu tahun berwirasausaha.

 

Problem

Ketersediaan produsen mie disekitar wilayah Tambun menjadi salah satu masalah yang ada, penulis sendiri sebagai pelaku usaha kuliner mie cukup sulit untuk menemukan produsen mie basah yang ada disekitar Tambun. Keterbatasan yang ada cukup menjadi masalah yang signifikan dalam kelancaran pelaku usaha seperti pedagang bakso dan mie ayam atau apapun yang membutuhkan mie sebagai bahan pokok untuk berwirausaha.

Masalah kedua adalah sulitnya menemukan resep yang pas dalam proses pembuatan mie basah untuk dapat dijadikan peluang usaha, kemudian alat atau mesin yang tidak murah menjadi masalah berikutnya dalam proses pembuatan mie yang terbilang cukup mahal

 

Solution

Sebagai solusi  sebagai pelaku usaha baiknya mencari resep yang sesuai denga yang diinginkan dengan cara membeli resep atau bertemu dan berkunjung ketempat tempat produsen mie dibuat. kuliner bakmi. Dari permasalah mesin pelaku usaha dapat menemerima pinjaman dari perbankan atau yang lainnya untuk dapat memperoleh mesin pembuat mie yang memang tergolong cukup mahal. Sementara penulis yang saat ini berwirausaha masih mendapatkan mie sebagai bahan pokok dari pasar yang rasanya belum sesuai dilidah. Sedangkan mie dipasar biasanya mengandung pengawet yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

 

Opportunity

            Dari masalah dan solusi ada peluang usaha yang bisa diterapkan yaitu dengan membuat mie olahan sendiri dengan rasa yang enak dan variasi warna yang terbuat dari sayuran seperti wortel, sawi, buah naga. Karena masih sedikitnya ketersediaan produsen mie disekitar wilayah Tambun yang dapat dijadikan peluang usaha.

 

ANALISIS INTERNAL & EKSTERNAL

VRIO

Valuable

            Sedikitnya ketersediaan produsen mie disekitar wilayah Tambun yang dapat dijadikan peluang usaha dan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang menjadi sumber daya yang berharga. Dengan menjadi produsen mie akan mampu meningkatkan nilai yang dirasakan pelanggan dengan meningkatkan diferensiasi dan penyesuaian harga dibawah harga pasar dengan kualitas yang baik.

            Rare

            Kelangkaan atau sedikitnya ketersediaan produsen mie disekitar wilayah Tambun yang dapat dijadikan peluang usaha dan memilki sumber daya yang menambah nilai dalam memanfaatkan peluang menjadi sumber daya yang berharga serta dapat dianggap menjadi sumber daya yang langka.

            Ininimitable

            Mesin yang tergolong mahal dan rasa yang enak menjadi sumber daya yang memiliki biaya tinggi dan sulit untuk ditiru oleh kempetitior. Dengan begitu menjadi produsen mie memiliki keunggulan kompetitif berkelanjutan.

            Organized to Capture Value

            Dengan menjadi produsen mie akan memberikan keuntungan jika terorganisir untuk menangkap nilai dari usaha. Dengan menjadi produsen mie harus mengatur sistem manajemen, proses, kebijakan, struktur dan budaya organisasi untuk dapat sepenuhnya menyadari potensi yang berharga, langka dan mahal agar dapat mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.


 

SWOT

Strengths

  • Merk yang unik
  • Rekam jejak yang baik
  • Strategi marketing yang tepat pada sasaran
  • Tenaga kerja yang terampil
  • Jaringan distribusi yang kuat

Weaknesses

  • Harga tinggi
  • Kemasan produk kurang modern
  • Target pasar belum jelas
  • Varian produk yang terbatas

Oportunities

  • Perluasan jaringan konsumen melalui online
  • Waralaba
  • Tambahan karyawan
  • Tambahan investasi berupa alat
  • Memperluas varian produk

Threats

  • Ada kemungkinan digugat karena merk dagang yang belum terdaftar
  • Persaingan yang semakin ketat
  • Harga bahan-bahan baku yang sering mengalami kenaikan
  • Adanya peniru produk palsu

 

ANALISIS PEST

            Politik

·         Peraturan persaingan

·         Hak cipta, Paten

·         Hukum Kesehatan dan keselamatan

·         Hukum mengatur polusi dan lingkungan

            Ekonomi

·         Tingkat Inflasi

·         Tingkat pertumbuhan

·         Fluktuasi harga

·         Cuaca

·         Perubahan iklim

            Sosial

·         Kesadaran Kesehatan

·         Sikap terhadap kualitas produk dan layanan pelanggan

·         Agama dan kepercayaan

·         Kelas Sosial

·         Ukuran dan struktur harga

            Teknologi

·        Tingkat perubahan teknologi

·        Perundang undangan tentang teknologi

·        Akses keteknologi terbaru


 

 

ANALISIS KONSUMEN

STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

  • Demografis: Perempuan/laki-laki, usia 18-60 tahun, yang memiliki usaha frozen food, mie ayam, Chinese food.
  • Geografis: Demi memastikan kualitas produk mie tetap terjamin, jangkauan geografis berada di Jakarta dan sekitarnya, seperti Tangerang, Depok, atau Bekasi.
  • Psikografis: Menyukai mie tanpa pengawet dan pewarna buatan
  • Perilaku: Orang yang bosan dengan nasi dan ingin menyicipi makanan unik yang sedang menjadi tren.

 

 

Customer Persona

Latar belakang

·         Laki-laki

·         Usia 30 tahun

·         Bertempat tinggal di Bekasi

·         Mempunyai Usaha Mie ayam

Tujuan

·         Dapat menjual mie sebanyak 3kg/hari

·         Dekat dengan produsen mie

·         Mendapat harga mie sesuai dengan yang diinginkan

·         Mendapat mie yang fresh

Masalah

·         Tidak ada produsen mie disekitar tempat usaha

·         Mie tidak sesuai harapan

·         Tidak bisa membuat mie sendiri

·         Harga mie terlalu mahal

·         Mie tidak fresh

 

Early Adaptor

Pelanggan yang akan menjadi early adaptor atau yang akan sering membeli produk adalah pelaku usaha frozen food, pengusaha restaurant mie dan bakso yang berwilayah di Bekasi terutama di Tambun.

 

 

CUSTOMER VALUE PROPOTION

            Harga Terbaik

            Berorientasi pada harga terjangkau karena berhasil menekan biaya produksi, harga terbaik atau terjangkau menjadi proposisi nilai untuk Bakmi Sultan 28 Metland Tambun.

            Produk Halal

            Mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.

            Review Terpercaya

            Produsen mie yang bukan kaleng-kaleng dengan macam-macam variasi warna, tanpa bahan pengawet dan selalu fresh karena beroperasi pada dini hari malam untuk menjaga kualitas produk.

            Same Day Delivery

            Adanya pengiriman dihari yang sama untuk menjaga kualitas mie agar selalu fresh dan sampai dihari yang sama

            Gratis Ongkir

            Pengiriman tanpa tambahan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menambah daya beli terhadap konsumen.

 



 

LEAN MODEL CANVAS


ANALISIS PESAING

 

Brand

Produsen Mie Sultan 28

Produsen Mie Karso

Industri

Mie mentah

Mie mentah

 

Konsumen Target

Usia 30-60 tahun Pengusaha frozen food, pemilik resto mie ayam dan bakso yang peduli dengan rasa dan kualitas tanpa bahan pengawet.

Usia 30an yang menginginkan mie dengan kualitas dan high income

Diferentiator

Organik tanpa pengawet dan pewarna buatan harga murah

Luxury, kemasan, kualitas premium

Tipe Kompetitor

Tak langsung pendatang baru

Tak langsung industry leader

 

Produk

Mie Karet, Mie keriting, Mie hijau, Mie kuning, Mie merah, Mie orange.

Mie keriting, Mie lurus

 

 

Merk usaha

Bakmi Sultan 28 Metland Tambun

 

Segmentasi, Targeting dan Positioning

STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

  • Demografis: Perempuan/laki-laki, usia 18-60 tahun, yang memiliki usaha frozen food, mie ayam, Chinese food.
  • Geografis: Demi memastikan kualitas produk mie tetap terjamin, jangkauan geografis berada di Jakarta dan sekitarnya, seperti Tangerang, Depok, atau Bekasi.
  • Psikografis: Menyukai mie tanpa pengawet dan pewarna buatan
  • Perilaku: Orang yang bosan dengan nasi dan ingin menyicipi makanan unik yang sedang menjadi tren.

 

Marketing Mix (4 P)

Produk yang ditawarkan oleh Bakmi Sultan 28 memiliki banyak variasi Mie seperti mie kecil keriting, mie lebar keriting, mie lurus kecil, mie karet, dan sebagainya

Price strategi harga yang digunakan oleh Bakmi Sultan 28 adalah dengan adanya produk bundle seperti harga paket makanan lebih murah dibandingkan harga satuan dan penerapan harga psikologis.

Place, tempat yang dipakai oleh Bakmi Sultan 28 berupa restoran, kios, dan mobile apps. Kios yang seperti di dalam mall.

Promosi yang dilakukan melalui sosial media, promosi jualan seperti diskon atau potongan harga, dan public relation (PR).


 

Pemasaran Digital yang digunakan dalam usaha.


Perencanaan SDM untuk subsektor produsen Mie Bakmi Sultan 28

 

   Rencana jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk tahun 1 sd tahun 5.

Total sementara untuk merekrut jumlah tenaga kerja sebanyak 11 orang.

   Posisi atau jabatan yang diperlukan dalam usaha

 

Jumlah Tenaga Kerja untuk tahun 1 sd tahun 5 berjumlah 11 orang. Jumlah dapat berubah sesuai

Demand, jika demand baik maka akan bertambah

 

   Job Deskripsi dan Job Spesifikasi dari posisi utama di usaha.  Pemilik Usaha       : Mencari supplier dengan harga kompetitif

Tata Ruang                 : Menjaga dan memelihara tempat usaha.

Produksi                   : Memproduksi, mengolah, menghitung Mie sesuai pesanan yang ada

Pelayanan dan Pemasaran : Melayani pesanan dari konsumen dan memasarkan produk.

 

 

   Rencana tahapan seleksi karyawan.

a.  Mencari sumber tempat atau media yang akan digunakan untuk mengumumkan bahwa perusahaan sedang membuka proses rekrutment karyawan baru.

b.  Membuat pengumuman rekrutment

c.   Meninjau lamaran yang masuk 

d.  Screening dengan memastikan kebenaran data-data yang ada dari calon kandidat. e. Interview 

f.   Tes kemampuan

g.  Menyerahkan tawaran kerja

 

Perencanaan Produksi

Rencana Tempat Usaha tempat yang dipakai oleh Bakmi Sultan 28 berupa restoran, kios, dan mobile apps. Kios yang seperti di dalam mall.

Jam Operasional 09.00-20.00 WIB

Lay out Tempat Usaha

Bahan baku yang digunakan dalam membuat produk yang ada dalam ide bisnis Bakmi Sultan 28 adalah :
1. 5kg Tepung protein tinggi (Cakra Kembar)
2. 1kg Tepung tapioka (Rose Brand)
3. 500ml Air bersih
4.  200gram Garam
5. 8butir Telur ayam
6. 100ml minyak bawang
7. 50ml kaldu bubuk ayam

Proses Produksi dari awal produksi hingga ke konsumen :
1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam satu wadah, aduk rata
2. Buat lubang ditengah-tengah adonan tepung lalu masukan minyak bawang dan telur ayam
3. Uleni adonan dengan tangan sampai tercampur rata
4. Campurkan air, garam dan kaldu bubuk, aduk rata
5. Tuangkan air kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan
6. Diamkan adonan selama 20menit dalam wadah yang tertutup
7. Pipihkan adonan lalu masukan kedalam mesin penggilingan mie
8. Pencetakan adonan yang sudah dipipihkan menjadi bentuk mie.
9. Setelah terbentuk mie, taburi dengan tepung secukupnya supaya tidak menempel satu sama lain.
10. Mie siap dijual ke konsumen.

 

Perencanaan Keuangan Bakmi Sultan 28

a. Modal awal untuk menjalankan usaha :
Noodle Machine            = Rp 45.000.000
Alat dan perlengkapan = Rp 3.000.000
Bahan Mie                      = Rp 5.000.000
SDM                                 = Rp 8.000.0000
Total Cost                      = Rp 61.000.000
Sehingga, biaya tetap Bakmi Sultan 28 adalah sebesar Rp 61 juta.

b. Biaya tetap ( fix cost ) yang ada dalam usaha  
Bakmi Sultan 28 menghabiskan estimasi biaya produksi sebesar Rp 30 juta, per Juni 2021. Kuantitas produksi sebesar 2000kg dan biaya variabel Rp 10 ribu per kg.
FC = TC - (UVC x Quantity)
     = Rp20.000.000 - (2000 X Rp15.000)
     = Rp30.000.000 - Rp20.000.000 = Rp10.000.000

c. Biaya variabel ( variabel cost ) yang ada dalam usaha
Bakmi Sultan 28 mengeluarkan estimasi biaya produksi sebesar Rp 30 juta. Tagihan lebih dari fixed cost sebesar Rp 1 juta. Di bulan tersebut, memproduksi 2000kg mie.
VC = (TC - FC) / Quantity
VC = (30.000.000 - 1.000.000) / 2.000
VC = 39.000.000 / 2.000
VC = 19.500
Sehingga, Bakmi Sultan 28 mengeluarkan biaya variabel adalah sebesar Rp19.500 ribu per kg mie.

 

Prototopye produk atau jasa ide bisnis kalian (15 point)

Prototype

 
Mie, Udon, Makanan gambar png  

Minimum Variable Product  

 
Jual Bakmi Karet Bakmi Ayam Mie Karet Mie Ayam Telur Special 1 KG Murah -  Jakarta Utara - Tiga Dara Frozen | Tokopedia 

Jual Pre Order - MIE HAOCHI Mie Karet di Seller Mie Haochi - Kota Jakarta  Utara, DKI Jakarta | Blibli

 

 

Product




 

Komentar